• (031) 5997244

Tentang Jurusan Sistem Informasi

 

Latar Belakang

Kebutuhan teknologi informasi bagi dunia usaha telah mengalami pergeseran ke arah lingkungan teknologi informasi yang lebih bersifat outward looking dan mengarah ke competition dan free market. Hubungan teknologi informasi dengan dunia usaha sangat erat kaitannya mengingat teknologi informasi dan sistem informasi berfungsi mendukung struktur organisasi setiap perusahaan, yang pada gilirannya akan memperlancar keseluruhan proses internal di level perusahaan dan akan memperkuat daya saing perusahaan. Sistem informasi berfungsi untuk mengatur orang, data, proses, komunikasi dan teknologi informasi yang berinteraksi untuk mendukung dan meningkatkan operasi bisnis juga sekaligus memberikan dukungan terhadap pemecahan masalah serta pengambilan keputusan yang dibutuhkan oleh manajemen. Program Studi Sistem Informasi didirikan untuk menjawab kebutuhan atas sumberdaya manusia yang terampil di bidang sistem informasi sesuai dengan pergeseran yang terjadi pada dunia usaha. Lingkup studi sistem informasi meliputi pengembangan sistem informasi, metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database), dan manajemen sistem informasi.

 

TUJUAN PENDIDIKAN

Sasaran :

  1. Memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja di dalam dan di luar negeri, khususnya pada penerapan sistem informasi dalam berbagai kebutuhan manajemen di segala bidang usaha
  2. Menyediakan pendidikan yang berorientasi ke arah masa depan untuk membekali lulusannya dalam berkarir di bidang Sistem Informasi, dan bidang-bidang yang berkaitan.

Tujuan :

  1. Menyiapkan tenaga profesional di bidang sistem informasi yang mampu menerapkan kebutuhan manajemen di segala bidang ke dalam aplikasi sistem informasi serta mampu mengintegrasikan teknologi baru di bidang Sistem Informasi dan mengembangkan diri sehingga bisa menjadi pemimpin di bidang Sistem Informasi di masa yang akan datang.
  2. Membekali mahasiswa dengan keahlian problem solving dan dilandasi dengan pengetahuan Teknologi Informasi dan Bisnis.

Secara umum, tujuan penyelenggaraan program studi Sistem Informasi jenjang S-1 adalah untuk menghasilkan lulusan yang :

  1. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai sarjana Sistem informasi.
  2. Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengembangkan dan melakukan penelitian dalam bidang Sistem Informasi guna memperkaya teori, metode dan paradigma yang telah ada.
  3. Memiliki sikap terbuka, tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang berkaitan dengan ilmu Sistem Informasi.
  4. Memiliki kemampuan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan masyarakat yang berhubungan dengan disiplin ilmu Sistem Informasi.
  5. Memiliki kemampuan dalam mengembangkan disiplin ilmu Sistem Informasi melalui kegiatan-kegiatan seperti pelaksanaan penelitian, pemberian pelatihan, pengerjaan proyek, penyelenggaraan seminar, penulisan artikel ilmiah, dlsb.
  6. Memiliki kualitas kemampuan yang baik untuk meneruskan ke jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi (Strata-2 dan Strata-3) di bidang Sistem Informasi.

Secara khusus dan praktis, sesuai dengan materi keilmuan yang dipelajari, seorang sarjana Sistem informasi harus memiliki kapabilitas untuk :

  1. Mendefinisikan dan menganalisa kebutuhan sistem informasi dari sebuah organisasi secara komprehensif, detail, dan menyeluruh yang tidak terlepas dari strategi organisasi yang bersangkutan.
  2. Mendefinisikan, menganalisa dan mengembangkan sistem informasi guna memperkaya teori, metode dan paradigma yang telah ada.
  3. Merencanakan proyek-proyek pengembangan sistem informasi dari sebuah organisasi maupun komunitas tsb di atas berdasarkan kaidah-kaidah manajemen proyek yang berlaku.
  4. Merancang sistem informasi yang terdiri dari berbagai komponen yang saling terkait satu dan lainnya.
  5. Merencanakan dan memonitor proyek-proyek konstruksi teknologi informasi sebagai komponen utama sistem informasi, seperti : implementasi paket aplikasi, pengembangan perangkat lunak, instalasi infrastruktur jaringan, dlsb.
  6. Mengimplementasikan sistem informasi secara efisien dan efektif di dalam sebuah organisasi atau tatanan komunitas lainnya sehingga mendukung tercapainya visi dan misi organisasi yang bersangkutan dan mengelola manajemen pemeliharaan sistem informasi yang telah diimplementasikan dalam sebuah perusahaan atau organisasi.