• (031) 5997244

Tentang Jurusan Sistem Komputer

 

Latar Belakang

Sistem Komputer (Computer Engineering) merupakan jurusan di bawah naungan Fakultas Teknologi Industri. Jurusan Sistem Komputer (d/h Teknik Komputer) didirikan mengingat kebutuhan yang besar terhadap Sarjana Strata Satu (engineer) untuk menangani sistem komputer yang mencakup perangkat keras komputer dan perangkat digital lainnya, perangkat lunak pendukung, serta untuk mengembangkan perangkat keras menjadi suatu aplikasi komunikasi dan pengendalian sistem komputer.

Perkembangan teknologi dan banyaknya permintaan akan tenaga kerja yang berpengalaman di bidang penguasaan Sistem Komputer mendorong perubahan paradigma jurusan Sistem Komputer sehingga area pembelajaran menjadi lebih luas dan tidak hanya meliputi aspek teknis, melainkan juga aspek manajemen terhadap hal-hal teknis. Sehingga penguasaan teknologi komputer tidak hanya semata-mata “Penguasaan di bidang Perangkat Keras” saja tetapi juga mampu dalam pengelolaan suatu sistem berbasis komputer yang mencakup aspek jaringan komputer, rekayasa sistem digital, pengendalian berbasiskan sistem komputer serta pengelolaan sistem komputer. Aspek tersebut tertuang dalam kurikulum Sistem Komputer menjadi 4 (empat) bidang peminatan yang bisa dipilih oleh mahasiswa mulai pada semester ketujuh.

Tujuan Pendidikan

Saat ini masih banyak kebutuhan tenaga kerja dibidang Sistem Komputer dimana aplikasi penerapan / pengendalian otomasi dengan komputer mulai banyak diterapkan. Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi sistem komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak yang berjalan sangat pesat. Untuk itulah dibutuhkan tenaga ahli profesional yang mampu dan siap pakai untuk dapat mengaplikasikan teknologi komputer tersebut. Dengan penyusunan kurikulum Sistem Komputer yang diarahkan kepada 4 (empat) bidang konsentrasi peminatan, maka lulusan dari Sistem Komputer diharapkan akan menjadi sarjana yang :

  1. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi, mandiri, dan profesional.
  2. Dapat bekerja sebagai Sarjana Komputer yang :
    • Memahami seluruh aspek sistem komputer.
    • Memahami jaringan komunikasi data.
    • Memiliki kemampuan/keahlian dalam membangun dan melakukan analisis sistem otomasi dan robotika berbasiskan komputer/ mikro kontroler.
    • Memiliki wawasan pemanfaatan komputer dalam berbagai bidang aplikasi yang berhubungan dengan perangkat keras.
  3. Mempunyai kemampuan untuk dapat melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  4. Mempunyai motivasi untuk mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan melalui kegiatan penelitian dan pengembangan