• (031) 5997244

Tentang JurusanTeknik Informatika

 

Latar Belakang

Teknik Informatika merupakan kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan dan mengembangkan ilmu tentang komputasi berbagai problema dalam kehidupan sehari-hari agar efisiensi kerja dapat tercapai. Pada jurusan ini dilakukan penekanan pada kematangan pemahaman mahasiswa tentang konsep dan logika berfikir dalam perencanaan, pengembangan serta pemeliharaan berbagai macam program (perangkat lunak), baik program aplikasi yang secara langsung dimanfaatkan oleh user maupun program sistem yang diciptakan agar suatu perangkat keras dapat bekerja dengan baik sesuai kebutuhan serta efisien.

 

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan dari Teknik Informatika adalah menyiapkan tenaga profesional di bidang komputer yang sangat dibutuhkan di segala bidang, terutama oleh dunia usaha dan industri. Untuk itu kepada mahasiswa akan diberikan ilmu pengetahuan fundamental komputer yang luas dan pengetahuan berbagai aplikasi dan ilmu pengetahuan komputer yang up-to-date secara mendalam sesuai dengan bidang yang diminati.Kompetensi lulusan Teknik Informatika yang diharapkan adalah sarjana Teknik Informatika yang :

  1. Memiliki pengetahuan dasar komputer yang kuat dan kemampuan belajar menerus (lifelong learner) secara mandiri.
  2. Memiliki kemampuan bekerja dalam bidang komputer khususnya dalam bidang pengembangan piranti lunak, ataupun dalam bidang peminatan (stream) yang dipilih, serta mampu merumuskan permasalahan, menganalisis permasalahan serta mengembang- kan cara pemecahannya.
  3. Mampu bekerja secara produktif , secara individu ataupun di dalam suatu tim.
  4. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik secara lisan dan tertulis
  5. Memahami peran profesional komputer, serta memiliki integritas dan etika professional.