• (031) 5997244

Tentang Jurusan Teknik Perkapalan

 

Latar Belakang

Indonesia adalah negara yang terletak dibenua maritim dan secara fisik 2/3 dari wilayahnya terdiri dari laut, jumlah pulaunya sekitar 13.000 buah, sedang panjang pantainya 81.000 km. Laut mengandung sumber alam yang sangat kaya, maka hari depan bangsa Indonesia tidak bisa lepas dari potensi laut. Salah satu teknologi yang terkait pada eksplorasi laut adalah teknologi kelautan atau rekayasa kelautan. Secara definitif teknologi kelautan adalah teknologi yang bertujuan untuk memanfaatkan laut, baik media transportasi, sumber daya alam, lingkungan hidup, pertahanan dan keamanan. Fakultas Teknologi Mineral Dan Kelautan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS), semenjak berdirinya tahun 1984/1985 membuka Jurusan Teknik Perkapalan untuk ikut berpartisipasi dalam menghasilkan tenaga ahli yang sangat dibutuhkan untuk menjawab tantangan pemanfaatan laut tersebut. Dalam jangka waktu dua tahun (2003 dan 2004) Jurusan Teknik Perkapalan mendapat hibah dari pemerintah berupa Program Semi-QUE V untuk pengembangan.

 

TUJUAN PENDIDIKAN
  1. Menghasilkan sarjana Teknik Perkapalan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki integritas moral tinggi.
  2. Berpola pikir ilmiah, memiliki pengetahuan teknik dan ketrampilan profesional bidang teknik perkapalan, yang meliputi perencanaan, pembangunan, perawatan kapal dan alat apung lainnya, serta mampu beradaptasi dan mengembangkan potensi diri secara terus menerus. Untuk dapat mencapai tujuan pendidikan tersebut, keahlian yang diberikan meliputi keahlian perencanaan kapal yang juga termasuk teori bangunan kapal, seperti : hidrostatik, stabilitas, trim, peluncuran dan lain-lain keahlian dalam bidang kekuatan, struktur serta teknologi pembangunan dan reparasi kapal, serta keahlian tambahan lainnya. Untuk lebih meningkatkan proses belajar mengajar dan lebih mengimplementasikan Link and Match, serta memperhatikan keinginan masyarakat, maka sejak tahun akademik 2000/2001, kurikulum disusun dalam 8 semester dengan beban akademik seluruhnya 144 SKS (Satuan Kredit Semester). Dengan demikian hanya dalam waktu 4 tahun bahkan kurang, memungkinkan seorang mahasiswa menjadi sarjana.

 

Kompetensi Teknik Perkapalan

 

KONSENTRASI

Untuk lebih mengarahkan dan menampung minat dari mahasiswa dalam proses pembelajaran, Jurusan Teknik Perkapalan membuka 3 konsentrasi, yaitu:

  1. Teknologi Produksi
  2. Manajemen Transportasi
  3. Kapal Ikan
LAPANGAN PEKERJAAN

Bidang-bidang profesional dan lapangan pekerjaan yang memiliki kompetensi dengan Jurusan Teknik perkapalan begitu luas, namun demikian kemampuan intelektual dan profesionalisme yang didukung kecakapan beradaptasi dengan lingkungan dan teknologi sebagaimana yang diharapkan lulusan Teknik Perkapalan, memungkinkan mereka mampu berkiprah dan sukses di bidang-bidang lainnya. Adapun bidang / keahlian yang berkompeten dengan Jurusan Teknik Perkapalan adalah diantaranya :

  • Tenaga ahli untuk bidang perencanaan, pembangunan, perbaikan kapal dan alat apung lainnya pada industri maritim.
  • Owner superintendent pada perusahaan pelayaran.
  • Surveyor pada biro klasifikasi nasional maupun internasional.
  • Konsultan pada bidang teknik perkapalan.
  • Tenaga ahli perkapalan dilingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
  • Tenaga ahli pada laboratorium teknik perkapalan
  • Tenaga edukatif pada perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan.
  • Tenaga ahli pada perusahaan asuransi yang bergerak dibidang perkapalan dan bidang lainnya.
  • Tenaga ahli pada industri mesin-mesin dan peralatan, serta industri penunjangnya.
  • Dan usaha-usaha lain dalam bidang perkapalan.