• (031) 5997244

04 May

Sudah menjadi tradisi Dosen dan Mahasiswa Magister Teknik Lingkungan untuk senantiasa bersemangat memperkaya diri dengan ilmu. Salah satunya ditunjukkan dengan kegiatan yang dilakukan pada 28 April 2017 lalu. Setelah melakukan kunjungan ke PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, kegiatan pun dilanjutkan dengan aktivitas kuliah lapangan di PT Campina Ice Cream Industry Rungkut Surabaya.

Perusahaan ini telah mendapatkan PROPER Peringkat Hijau, dan menerapkan Cleaner Production dalam proses produksi dan aktivitas perkantoran. PT Campina berkomitmen untuk berpartisipasi mencegah pemanasan global dengan Menghemat Air, Hemat Energi, dan Hemat Kertas. Selain itu, PT Campina juga mempromosikan pola makan vegetarian pada seluruh karyawan untuk mengurangi terbentuknya gas metan yang banyak dihasilkan dari peternakan sapi. PT Campina terus berinovasi mengembangkan produk es krim dengan menggunakan bahan alami, segar dan berkualitas. Untuk mengurangi komponen susu dalam es krim, PT Campina membuat produk dengan campuran santan kelapa dan telah menghasilkan inovasi produk es krim vegan dengan bahan susu kedelai. Komitmen CEO yang sangat tinggi pada kelestarian lingkungan mendorong terciptanya lingkungan kerja yang disiplin untuk bersama-sama menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

Selama berada di PT Campina, Dosen dan Mahasiswa mengikuti pemaparan profil perusahaan, proses produksi es krim, serta penerapan Cleaner Production di lingkungan PT Campina. Program CSR yang dikembangkan Campina antara lain berupa, kampanye pola makan vegetarian dengan membuka restoran O Jamur dan pemberdayaan masyarakat dalam budidaya jamur dan sayuran organik di Kelurahan Jambangan Surabaya. Kunjungan di PT Campina diakhiri dengan makan es krim sepuasnya di kantin karyawan PT Campina.

Dosen dan Mahasiswa telah belajar pada sebuah perusahaan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan hidup sangat baik dan melebihi persyaratan yang ditetapkan pemerintah. Hal ini dapat terwujud karena adanya komitmen pemimpin perusahaan untuk memberikan kontribusi positif pada pelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga tidak hanya berorientasi pada peningkatan keuntungan perusahaan. Meningkatnya kepedulian konsumen akan pelestarian lingkungan mendorong industri terus berinovasi dan menjaga image yang baik dalam pengelolaan lingkungan. Green Consumer menuntut produk yang peduli pada People, Profit, Planet yang mampu menyelaraskan keuntungan ekonomi, kelestarian bumi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan karyawan.

Selamat bergabung dengan Magister Teknik Lingkungan bagi masyarakat yang juga peduli pada pelestarian lingkungan. Kuliah perdana akan dilaksanakan pada September 2017 nanti. Jangan sampai ketinggalan untuk bersama-sama bersemangat perkaya diri dengan ilmu, khususnya pada keilmuan Teknik Lingkungan (Daru, red).