• (031) 5997244

11 Oct

Pada saat ini, perekonomian bangsa tidak dapat dikatakan sepenuhnya dalam kondisi sehat. Kesejahteraan masyarakat makin terpuruk, dan ini menjadikan pekerjaan rumah besar bagi pemerintah. Disadari bahwa keberhasilan pemerintah untuk mengentaskan rakyatnya dari tekanan ekonomi tidaklah dapat dilakukan tanpa peranserta masyarakat secara luas. Pemerintah telah terbantu oleh keberadaan usaha kecil menengah (UKM), khususnya saat terjadi krisis ekonomi. Hal ini membuktikan bahwa UKM memiliki daya lenting yang baik, sehingga mampu bertahan meskipun dukungan yang diberikan pemerintah relatif kecil.

Sebagian besar bentuk usaha yang digeluti UKM adalah di bidang industri kreatif. Namun demikian, peran UKM untuk mendukung peningkatan ekonomi bangsa, kiranya akan lebih optimal pada saat industri kreatif ini dikelola secara profesional oleh ahlinya.

wood-architect-table-work-large

Jurusan Desain Produk (DESPRO) adalah salah satu jurusan yang dikelola ITATS dengan prioritas pembelajaran ditujukan untuk menciptakan ahli-ahli di bidang industri kreatif. ITATS sebagai institusi pendidikan berkualitas, tentu saja tergerak untuk membantu pemerintah dalam pengembangan ekonomi masyarakat. Sebagai bentuk peranserta nyata adalah membebaskan MABA DESPRO pada tahun akademik 2017-2018 dari kewajiban membayar dana pembangunan. Pembebasan dana diberikan melalui subsidi yang diberikan oleh Yayasan Pendidikan Teknik Surabaya (YPTS) sebagai penanggungjawab ITATS. Semuanya ditujukan agar minat masyarakat untuk studi di Jurusan DESPRO meningkat. Dengan makin banyak masyarakat yang melek ilmu desain produk, maka pada saatnya akan tercipta banyak ahli di bidang industri kreatif. Para ahli inilah nantinya yang akan memperbaiki masa depan perekonomian bangsa.