• (031) 5997244

08 Apr

Sejak 25 Nopember 2016 lalu, Siti Nur Chamidah dan Afrah Zharifah Sinatria menempuh student exchange di Jiangsu Institute Of Commerce (JIC). Sebuah kampus besar di Longmian Road No. 180, Jiangning District, Kota Nanjing, Propinsi Jiangsu, China. Kedua mahasiswa Teknik Lingkungan (TL) berprestasi ini, baru saja menginjakkan kakinya kembali ke tanah air pada 26 Maret 2016 lalu. Sesampai di Surabaya, keduanya pun langsung melanjutkan penelitian skripsi yang merupakan persyaratan akhir sebelum dapat menyandang gelar Sarjana Teknik (ST).

Midah dan Afrah, demikian biasanya mereka disapa, sangat beruntung bisa belajar banyak hal melalui kegiatan student exchange di China. Keduanya berkesempatan belajar tentang: (a) Bahasa Mandarin, (b) Chinese Painting, (c) Seni Bela Diri Cina (kungfu), (d) Kaligrafi Karakter Cina, (e) Chinese Papper Cutting dan (f) Budaya Cina. Materi-materi ini tentu saja memperkaya pengetahuan mereka di luar bidang keilmuan yang dipelajarinya di Jurusan TL.

Pada saat studi di China, keduanya terbiasa berbahasa Mandarin di kelas. Pada kesempatan lain, percakapan di kelas juga menggunakan Bahasa Inggris. Selama di China keduanya tinggal di Asrama Kampus, yang dikhususkan bagi mahasiswa internasional. Rekan-rekan alumnus SMA/SMK, agar dapat menikmati kesempatan belajar serta berprestasi seperti halnya Midah dan Afrah, maka bersegeralah mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di Teknik Lingkungan. (ULF, red)