• (031) 5997244

29 Aug

  • By admin
  • In Berita
  • Comments Off

Bapak Titus Kristanto, S.Kom., M.Kom. dan Ibu Eka Cahya Muliawati, S.Si., M.T. sebagai salah satu tim yang mendapatkan dana hibah Pengabdian Masyarakat dari Kemenristek-Dikti untuk pendanaan tahun 2017 dengan judul IbM UKM Percetakan tengah melangsungkan proses pengabdiannya terhadap dua mitra kerja. Kedua mitra yang dimaksud adalah pemilik usaha percetakan yakni Bapak Ali Purnomo dan Bapak Syaiful Hidayat. Sebelum menetap di Bogangin, tempat usaha Bapak Ali berpindah-pindah tempat dengan tujuan untuk mencari tempat yang strategis, dekat jalan raya, dan banyak dilalui orang. Sedangan tempat usaha Bapak Syaiful sudah menetap sejak merintis usaha mulai 2012.

Permasalahan yang dihadapi mitra adalah keterbatasan modal dan pegawai sehingga sampai menolak permintaan percetakan dari pelanggannya. Selain keterbatasan modal dan pegawai, permasalahan lain yang dihadapi yaitu pada ranah produk, produksi, pemasaran, dan manajemen keuangan. Selama ini, proses produksi masih berjalan secara sederhana, yaitu dengan menggunakan peralatan seadanya. Terkait produk, desain cetak masih monoton dan belum mempunyai desain sendiri sebagai ciri khas. Terkait pemasaran, belum ada sumber daya yang menangani pemasaran dan kurang adanya kegiatan promosi. Sedangkan terkait keuangan, modal yang dimiliki sangat terbatas, belum bisa memenuhi permintaan konsumen.

Percobaan Produksi

Percobaan Produksi dengan Mesin Hot Press

Hasil Produksi

Hasil Produksi Menggunakan Mesin Hot Press

Tim pengabdian masyarakat ini melakukan pendampingan atas permasalahan yang dihadapi oleh mitra-mitra tersebut. Hal-hal yang dilakukan antara lain dihibahkannya dua mesin untuk masing-masing mitra, yakni mesin pemotongan stiker (sticker cutting machine) dan mesin hot press. Selain menghibahkan dua mesin untuk produksi cetak, tim pengabdian juga mengembangkan website dengan tujuan untuk mempromosikan produk mitra yang dihasilkan. Selain itu, pendampingan juga dilakukan untuk melatih mitra agar mampu memasarkan produknya secara online. Harapan tim pengabdian masyarakat ini, pendampingan yang dilakukan akan mampu meningkatan pendapatan dari mitra yang bersangkutan. (nfr)