• (031) 5997244

29 Jun

Jurusan Teknik Mesin ITATS kembali mengukir prestasi lagi yaitu salah satu dosen Teknik Mesin Ir. Bambang Setyono, MT berhasil meraih Juara II Lomba Teknologi Tepat Guna ( TTG ) kota Surabaya pada tanggal 31 Mei 2016. Lomba ini diselenggarakan oleh  Badan Pemberdayaan Masyarakat dan  Keluarga Berencana kota Surabaya dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun kota Surabaya ke 723.

Lomba Teknologi Tepat Guna ini diikuti oleh kalangan perguruan tinggi, industri, usaha kecil-menengah, dan masyarakat umum seluruh kota Surabaya. Dalam lomba ini Bambang Setyono menampilkan mesin pengupas kelapa multi fungsi, yaitu satu mesin yang memiliki fungsi ganda yakni pengupas sabut kelapa dan pengupas batok kelapa.  Pembuatan mesin ini dilandasi dari fakta dilapangan bahwa proses pengupasan sabut kelapa maupun batok kelapa hingga saat ini masih dilakukan secara manual, padahal apabila menggunakan mesin ini pengupasan sabut kelapa maupun batok kelapa dapat dilakukan secara singkat. Sebagai gambaran , pengupasan sabut kelapa secara manual membutuhkan waktu rata-rata 30 – 60 detik, bila dengan mesin hanya 8 – 20 detik. Pengupasan batok kelapa secara manual antara 50 – 90 detik, namun bila menggunakan mesin hanya 30 – 50 detik.

mesin_itats

Pemenang lomba TTG ini nantinya akan mewakili kota Surabaya dan Jawa Timur untuk mengikuti Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional di Mataram pada bulan Nopember 2016.

Jurusan Teknik Mesin ITATS memiliki Workshop Teknologi Tepat Guna, workshop ini menjadi sarana mahasiswa Teknik Mesin untuk merealisasikan ide-ide kreatif mereka menjadi produk teknologi yang dibutuhkan masyarakat luas. Tiap tahun workshop ini menghasilkan rata-rata 8 mesin Teknologi Tepat Guna. Tahun 2016 mahasiswa Teknik Mesin ITATS akan mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi untuk katagori prototype listrik dan prototype gasoline, semoga berhasil.   


bambang setyono itats

Foto di Balai Kota Surabaya

 

juara lomba TTG surabaya
Foto bersama para peraih Juara Lomba Teknologi Tepat Guna kota Surabaya 2016