• (031) 5997244

22 Oct

Fenomena meningkatnya jumlah sampah plastik dari hari ke hari, telah menjadikan tantangan tersendiri bagi kita semua. Termasuk bagi mahasiswa Program Magister Teknik Lingkungan (MTL) yang sedang belajar mata kuliah “green technology” di kelas. Guna memperkaya ilmu terkait pengurangan jumlah sampah plastik, para mahasiswa dengan disertai dosen mata kuliah, telah melakukan kunjungan ke PT Pradha Karya Perkasa (Prakarsa Recycling). Sebuah industri daur ulang plastik yang ada di Mojokerto.

Pada kesempatan kunjungan ke industri penggagas ADUPI (Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia) ini, mahasiswa belajar banyak hal. Secara khusus, mahasiswa memahami peran teknologi dalam mengurai permasalahan sampah plastik yang mengancam kelestarian alam. Sampah yang awalnya tidak bernilai ekonomi dan cenderung membebani alam, melalui penerapan green technology, maka sampah dapat menjadi sebuah peluang bisnis menguntungkan.

 

Mahasiswa MTL sangat menikmati kegiatan kunjungan lapangan yang diselenggarakan untuk memperluas dan memperdalam materi kuliah pada sejumlah mata kuliah. Wawasan keilmuan yang selalu berkembang dan keakraban yang makin erat terjalin, merupakan sebagian dari dampak kegiatan kuliah lapangan yang dilaksanakan. Para profesional dalam kajian teknik lingkungan, segeralah bergabung bersama kami studi di MTL. Kebahagiaan menimbah ilmu, sekaligus pengembangan jaringan, akan didapatkan bersama-sama melalui studi di Magister Teknik Lingkungan. (ULF, red)