• (031) 5997244

Profil ITATS

 

Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya atau dikenal dengan nama ITATS merupakan perguruan tinggi teknik terlengkap dan berkualitas di Jawa Timur. Berdiri sejak tahun 1963 yang saat itu bernama Akademi Teknik Surabaya (ATS), kemudian tahun 1984 menjadi Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS).

 

Memiliki kampus seluas 6 hektar berada di Jalan Arief Rahman Hakim No. 100 Surabaya. Jumlah mahasiswa sekitar 5.000, berasal Propinsi Jawa Timur 87%, sisanya berasal dari berbagai propinsi di Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua, bahkan dari luar negeri, yaitu dari Timor Leste, Malaysia dan Canada.

 

VISI DAN MISI ITATS

Visi

Menjadi perguruan tinggi yang unggul, mandiri, bermartabat dan berwawasan nasional serta menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan karya-karya inovatif berbasis riset di bidang sains, teknologi dan seni bertaraf internasional dengan menjunjung tinggi keberlanjutan dan berwawasan lingkungan.

 

Misi

  • Menjamin terciptanya kondisi atmosfer akademis yang kondusif bagi pengembangan kepribadian yang baik dan kemandirian.
  • Mengembangkan kerjasama dengan alumni dalam rangka mendukung perkembangan institusi yang lebih professional.
  • Menyelenggarakan pendidikan dengan standar Nasional/Internasional.
  • Menerapkan Student Centered Learning (SCL) untuk meningkatkan kreativitas, kemampuan penalaran dan imajinasi serta wawasan keberlanjutan, keselamatan lingkungan.
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang sesuai kebutuhan masyarakat, berkesinambungan, serta memperhatikan isu-isu terbaru.
  • Mengembangkan kemampuan entrepreneur dan manajerial yang menjunjung tinggi etika dan budaya.
  • Mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara global.
  • Mengembangkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, industri, masyarakat, dan pemerintah untuk memajukan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  • Menjaga atmosfer kampus yang mendukung kompetisi sehat bagi seluruh civitas akademik.

 

Tujuan Pendidikan dan Value ITATS

Tujuan pendidikan ITATS

  • Mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan para mahasiswa menjadi manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian Pancasila ;
  • Menyiapkan tenaga pembangunan yang memiliki kemampuan akademis untuk mengembangkan, menerapkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sesuai dengan profesi masing-masing sehingga dapat berpartisipasi aktif dan positif dalam pembangunan, untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

 

Value ITATS

Berdasarkan visi, misi dan tujuan pendidikan,  dijabarkan nilai filosofi ITATS yang akan berperan sebagai pedoman untuk melakukan pengembangan, dan disingkat SIIPP, yang terdiri dari :

 

  1. SINERGI

(Semangat mengutamakan kesatuan untuk kebersamaan, bersikap saling menghargai, serta saling membantu).

  1. INTEGRITAS

(Menjunjung tinggi kebersamaan, kejujuran, tanggung jawab dan selalu konsisten memelihara etika).

  1. INOVASI

(Menginisiasi gagasan dan melaksanakan perubahan terus-menerus untuk perbaikan dan pengembangan lembaga).

  1. PROFESIONAL

(Bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab serta komitmen untuk memberikan hasil yang terbaik).

  1. PELAYANAN PRIMA

(Melayani setiap civitas internal maupun eksternal, memahami harapan setiap civitas serta memberi melebihi dari yang diharapkan).