• (031) 5997244

20 Sep

  • By admin
  • In Berita
  • Comments Off

Melaksanakan Undang-Undang no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan guna mengimplementasikan dharma ketiga Perguruan Tinggi. Kegiatan Ipteks bagi Program Ekspor (IbPE) pada tahun ini merupakan penyelenggaraan tahun kedua dari rencana tiga tahun pelaksanaan program. Kegiatan pengabdian ini menyasar pada Industri Kecil Menengah (IKM) penghasil tas, dompet dan sepatu berbahan dasar kulit yang berlokasi di Kepanjen Malang dan Tanggulangin Sidoarjo. Pelaksana program IbPE ini adalah Bpk. Syamsuri yang merupakan doktor dari Program Studi Teknik Mesin Institut Teknologi Tama Surabaya (ITATS), beserta tim. Kendala utama yang dihadapi mitra IKM adalah sulitnya produk yang mereka hasilkan untuk dapat menembus pasar internasional atau ekspor. Setelah dilakukan identifikasi di lapangan oleh tim pelaksana didapati bahwa kendala tersebut muncul karena beberapa hal yaitu kualitas produk yang masih kurang baik, kemampuan pekerja belum merata, beberapa proses masih dilakukan secara konvensiional atau manual dan kurangnya pemahaman mitra IKM terhadap teknik dan media pemasaran. Dengan latar belakang tersebut tim pelaksana program menentukan prioritas kegiatan yang akan dilakukan yaitu pada aspek produksi, aspek pemasaran, aspek produk dan aspek proses. Dengan pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu mitra IKM untuk meningkatkan penjualan produknya pada pasar internasional atau ekspor. Hasil pelaksanaan program IbPE adalah membantu pengadaan peralatan produksi mitra IKM yaitu untuk mesin seset dan mesin lis.

 

Kemudian untuk membantu pada aspek pemasaran selain perancangan web/blog, tim pelaksana juga merancang booklet printed yang diharapkan dapat membantu konsumen untuk melihat produk yang disediakan oleh mitra.

Dengan pelaksanaan program IbPE ini mitra IKM dapat menghasilkan kualitas produk yang lebih baik yaitu yang sesuai keinginan pasar ekspor, meningkatkan kapasitas produksi serta berhasil memperkenalkan secara visual dan informatif produk yang dihasilkan pada pasar internasional.