• (031) 5997244

19 Jul

Ada banyak cara untuk menghemat penggunaan kertas, salah satunya adalah dengan cara daur ulang atau menggunakan kembali kertas yang sebelumnya telah digunakan, tapi cara ini terkadang memiliki kelemahan yakni tidak bertahan lamanya tulisan atau hasil penghapusan cetakan lama yang kurang bersih.

Hal itulah yang mengilhami tim peneliti dari University of Cambridge yang saat ini mengembangkan sebuah printer khusus yang menggunakan teknologi long and ultrashort pulsed laser yang memungkinkan melakukan penghapusan hasil cetak yang dilakukan oleh sebuah printer jenis laser (laser printer).

 

Bila printer laser akan menghasilkan cetakan maka printer ini akan menghapus hasil cetakan dan diklaim 20 kali lebih efisien dibandingkan mendaur ulang kertas itu sendiri.

Jika alat ini bisa segera terealisasikan, maka sudah dapat dipastikan akan banyak perusahaan, sekolah atau instansi pemerintahan yang bisa menghemat penggunaan kertas dan tentu saja itu sangat berpengaruh pada lingkungan

Sumber : http://www.beritateknologi.com/tim-peneliti-university-of-cambridge-kembangkan-printer-yang-bisa-menghapus-hasil-cetakan-dari-printer-laser-jet/