• (031) 5997244

TENTANG TEKNIK INDUSTRI

 

LATAR BELAKANG

Pembangunan Nasional untuk berbagai bidang industri harus berlangsung dengan baik, meliputi industri jasa maupun industri manufaktur selalu mengikuti laju perkembangan pembangunan pada umumnya, sehingga banyak membutuhkan tenaga-tenaga kerja yang trampil dan profesional yang mampu mengatur (manajemen), menganalisis dan mengevaluasi sistem industri secara menyeluruh.

 

TUJUAN PENDIDIKAN

Pendidikan Sarjana S1 Teknik Industri bertujuan membentuk Sarjana Teknik yang memiliki pengetahuan dan kemampuan yang tinggi di dalam perencanaan, pengorganisasisan, serta pengoperasian sistem industri yang melibatkan manusia, bahan, mesin, peralatan, informasi dan energi secara total. Secara garis besar disiplin Teknik Industri ITATS mengusahakan tercapainya hasil industri yang optimal dalam pengolahan faktor-faktor : manusia, mesin, material, money, dan manajemen yang didukung oleh pertimbangan terhadap kelayakan teknis dan kelayakan ekonomis. Untuk hal tersebut sarjana Teknik Industri ITATS harus memiliki kemampuan di dalam memanfaatkan dan mengaplikasikan ilmu-ilmu Dasar Teknik (Matematika dan Fisika), Ilmu-ilmu Sosial untuk menganalisis, memperkirakan, serta mengevaluasi hasil-hasil yang dicapai dalam sistem industri tersebut agar optimal.

 

KONSENTRASI

Mengantisipasi perkembangan Ilmu dan Teknologi yang semakin pesat serta untuk mengarahkan bakat dan minat mahasiswa, guna meningkatkan keahlian profesional lulusannya, maka program studi Teknik Industri di ITATS dibagi menjadi 2 (dua) yaitu :

  1. Sistem ProduksiKonsentrasi Sistem Produksi diarahkan bagi mahasiswa yang mempunyai bakat dan minat pada bidang perancangan sistem industri (manufaktur).
  2. Manajemen IndustriKonsentrasi Manajemen Industri diarahkan bagi mahasiswa yang mempunyai bakat dan minat pada bidang perancangan sistem manajemen.
LAPANGAN PEKERJAAN

Lapangan pekerjaan yang dapat dimasuki oleh lulusan Sarjana Teknik Industri saat ini sangat banyak, baik dalam industri yang bergerak di bidang manufacturing maupun industri yang bergerak di bidang jasa, sehingga para sarjana Teknik Industri dicetak untuk mampu dan cakap dalam memimpin perusahaan-perusahaan industri pemerintah maupun swasta, baik termasuk industri manufacturing maupun industri jasa.

  1. Industri ManufakturIndustri yang melakukan perubahan fisik terhadap produk yang dihasilkan meliputi : Industri Permesinan, Perkapalan, Industri Semen, Industri Plastik, Industri Kimia, Industri Mebel, Industri Alat-alat Rumah Tangga, Industri Kertas, Industri Makanan, Industri Konveksi, Industri Kecantikan, Wiraswasta, dll.
  2. Industri JasaIndustri yang melakukan pelayanan yang baik terhadap kosumennya meliputi : Industri Asuransi, Bank, Industri Informasi, Restoran, Rumah Sakit, Sistem Pemasaran (Distributor, agen), Perusahaan Ritel, Pesawat Terbang, Kapal Laut, Pariwisata, Agen Pemerintah, Konsultan, Transportasi, Jasa Sosial, Pengajar & Instruktur, Wiraswasta, Sales, dll.