BeritaPrestasi

Alumnus Teknik Kimia ITATS, Raih Gelar Doktor

Kebahagiaan kembali dirasakan oleh segenap civitas akademika ITATS. Di penghujung bulan Juli 2019, salah satu dosen terbaik ITATS, telah dikukuhkan sebagai Doktor Jurusan Teknik Kimia. Ibu Dr. Yustia Wulandari Mirzayanti, ST, MT adalah sosok dosen kebanggaan yang menjalani prosesi pengukuhan tersebut, pada sidang Terbuka Promosi Doktor, hari Selasa, 30 Juli 2019.

Dalam kesempatan sidang terbuka yang menegangkan sekaligus membanggakan itu, Bu Yustia demikian biasa disapa, menjelaskan manfaat dari Disertasi yang berhasil diselesaikannya. “Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pengembangan teknologi di bidang energi transportasi, khususnya pada teknologi katalis”, demikian Bu Yustia menjelaskan dengan penuh percaya diri. Disertasi yang beliau pertahankan di hadapan tim penguji berjudul Catalytic HydrocrackingMinyak Biji Kapuk Randu (Ceiba Pentandra) Menjadi Biofuel Menggunakan Katalis Bimetal Berbasis Mo/HZSM-5. Dosen dengan penampilan kalem ini menambahkan, “selain itu, hasil penelitian juga diharapkan mampu menjadikan biji kapuk randu memiliki nilai jual, bukan hanya sebagai limbah”.

Ibu Dr. Yustia mengawali studi S3 di Teknik Kimia, ITS 10 Nopember Surabaya pada Semester Gasal 2015/2016. “Selama studi, saya terus ditempa untuk mengembangkan kemampuan diri, terutama dalam menemukan solusi atas setiap tantangan yang dihadapi. Penelusuran referensi dan beragam eksperimen telah menjadikan studi S3 yang saya jalani menjadi sangat menarik”, Ibu Yustia kembali membagi pengalamannya.

Ibu Dr Yustia (keempat dari kiri) bersama tim promotor dan penguji

Dosen belia ini menyelesaikan program Doktornya melalui beasiswa Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, yaituBeasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN). Hal paling menarik dari prestasi Ibu Yustia adalah karena beliau merupakan alumnus Teknik Kimia ITATS yang lulus pada Desember 2004. Di akhir percakapan hangat dengan Bu Yustia, beliau memberikan pesan kepada mahasiswa ITATS. “terbuka kesempatan luas bagi alumnus ITATS untuk berprestasi, bahkan dapat melampaui prestasi yang diraih alumnus perguruan tinggi ternama di Indonesia. Saya telah membuktikannya. Tetaplah semangat dan berusaha fokus pada apa yang dicita-citakan. Ingat ! tidak ada yang percuma dan sia-sia dengan yang kita kerjakan secara optimal, tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha. Pantang menyerah dalam mengembangkan potensi diri”

Bersama rekan sejawat dari ITATS

Bagi rekan-rekan lulusan SMK, SMA, dan MA, segeralah mendaftar sebagai mahasiswa baru ITATS tahun akademik 2019/2020. Pada saat ini, ITATS telah didukung ratusan Dosen dengan kualifikasi sangat baik, seperti halnya Ibu Dr. Yustia Wulandari Mirzayanti, ST, MT. Manfaatkan juga beasiswa yang disediakan untuk delapan Jurusan, dalam bentuk pembebasan Dana Pengembangan Pendidikan senilai Rp 8.000.000 bagi 100 pendaftar pertama. Selamat datang di kampus ITATS, bersama kita raih kesuksesan. (Red. Ulf)

Close
Close