Pengabdian Masyarakat

Bravo Teknik Pertambangan!

Yel-yel Jurusan Teknik Pertambangan (JTT), sebagaimana menjadi judul dari tulisan ini, semakin membahana saat diteriakkan di lapangan terbuka. Dengan penuh semangat, 47 mahasiswa JTT yang hari ini sedang berada di lapangan, menggemakan yel-yel JTT tersebut untuk makin mempererat kebersamaan dalam kegiatan kuliah lapangan. Kali ini kuliah lapangan dilaksanakan di areal pertambangan PT. Batu Kali Welang Pasuruan. Dalam kurikulum Jurusan Teknik Pertambangan, terdapat tiga mata kuliah lapangan (KL), salah satunya adalah yang sedang berlangsung di lokasi penambangan batu Andesit ini.

Dalam KL dua, mahasiswa melihat dan belajar tentang sistem penambangan terbuka, teknik peledakan, pemindahan tanah mekanik, serta pengolahan bahan galian. Demikian disampaikan Bapak Yazid Fanani, ST, MT, selaku dosen pengampu mata kuliah. Menurut dosen yang juga sedang menyelesaikan studi pada jenjang S3 ini, mahasiswa tidak cukup hanya belajar di kelas, mahasiswa perlu melihat langsung bagaimana rock breaker dimanfaatkan dalam penambangan batu Andesit, menggantikan metode peledakan. Lokasi penambangan yang makin dekat dengan permukiman masyarakat, tidak lagi dimungkinkan mengaplikasikan metode peledakan. Alasannya adalah dampak getaran dan suara ledakan yang dapat mengganggu masyarakat.

Bapak Yudho Dwi Galih Cahyono, ST, MT, dosen Teknik Pertambangan yang juga ikut menyertai kegiatan KL 2 menambahkan, “mahasiswa juga belajar bagaimana batu Andesit diproses menggunakan cruser, sehingga didapatkan besaran batu sesuai kebutuhan”. Batu Andesit banyak dimanfaatkan untuk proyek konstruksi, khususnya pada proyek pembangunan jalan tol yang sedang digalangkan saat ini.

Kekayaan sumberdaya alam Indonesia yang melimpah, khususnya pada sumberdaya mineral, batu bara, gas alam, dan minyak bumi, mengakibatkan bisnis pertambangan menjadi bisnis sepanjang masa. Keberadaan industri pertambangan merupakan industri yang tidak lekang oleh zaman. Oleh karena itu, rekan-rekan yang telah lulus SMA/SMK/MA, silahkan bergabung menjadi mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan ITATS. Bangsa ini membutuhkan tenaga profesional di bidang pertambangan yang sangat banyak. Manfaatkan kesempatan beasiswa yang disediakan Jurusan Teknik Pertambangan untuk kalian yang berkeinginan menjadi bagian dari industri pertambangan Indonesia dan dunia. Sampai jumpa di kampus ITATS, bersama kita persiapkan diri agar mampu mengelola kekayaan sumberdaya alam demi kemakmuran Indonesia (Red, ULF).

Related Articles

This will close in 5 seconds

× Butuh Bantuan? Klik Disini