01 Jul

  • By Tim Publikasi ITATS
  • In Berita
  • Comments Off

Ini adalah kali kesepuluh Jurusan Desain Produk (Despro) menyelenggarakan Pameran Despro Kreatif. Namun demikian, nuansa kreatif dan inovatif dari karya-karya yang dipamerkan tetap saja menunjukkan perkembangan kualitas rancangan makin baik. Pameran diselenggarakan di Royal Plaza dengan tajuk FashionNative dan berlangsung sejak Jum’at, 29 Juni 2018. Lebih dari 80 karya dipamerkan sebagai bentuk apresiasi dan pengenalan produk unggulan karya mahasiswa dan dosen.

Keseruan pelaksanaan Pameran Despro Kreatif

Diantara karya yang cukup ngehit adalah hasil rancangan empat mahasiswa Despro, yaitu Maghita, Yuni, Annisa, dan Wahyu. Rancangan yang mereka sajikan berupa alat penjepit untuk Fabric Manipulation berbasis Arduino. Alat ini berfungsi untuk mempermudah proses pembuatan Fabric Manipulation, khususnya untuk menjepit cetakan kertas dengan kerapatan yang dapat diatur sesuai kebutuhan. “Alat yang kami desain dapat beroperasi secara manual dan otomatis”, demikian Maghita sebagai salah satu desainer alat menegaskan keunggulan karya yang dijagokannya. Karya lain yang tidak kalah menarik adalah karya dengan memanfaatkan limbah penyamakan kulit menjadi bahan pembuatan sepatu-sepatu keren. Mulkhima yang pernah menjadi ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Despro adalah mahasiswa yang merancang karya ini.

Maghita dan kawan-kawan dengan karyanya

Mulkhima dengan karya sepatu berbahan limbah penyamakan kulit

Melalui kegiatan pameran, mahasiswa berkesempatan melatih kemampuannya memperkenalkan produk secara lisan, menjawab pertanyaan-pertanyaan pengunjung yang kadang mengelitik dan kritis. Percaya diri dan berani menampilkan karya adalah manfaat lain dari penyelenggaraan kegiatan pameran. Mahasiswa pun akan terlatih untuk terus mengembangkan kreatifitasnya, tentu saja dengan dibarengi kemampuan berfikir analitik, sehingga mampu bersaing dengan karya-karya kreatif lainnya.

Jurusan Desain Produk merupakan salah satu Jurusan yang memberikan beasiswa bagi rekan-rekan lulusan SMA/SMK/MA. Oleh karena itu, segeralah bergabung studi di Jurusan Despro dan bersiaplah menjadi desainer handal. Informasi pendaftaran mahasiswa baru dapat diperoleh melalui kontak langsung dengan Bapak Hamdan Bahalwan, ST, M.Sn di WA 0817 5180 414 (red, ULF).

Mahasiswa Despro Percaya Diri Pamerkan Karya dan Siap Menjawab Pertanyaan Pengunjung