Prestasi

ICATECH 2020 dan SNTEKPAN VIII tetap Eksis dikala Pandemi

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITATS menyelenggarakan seminar Internasional The 2nd ICATECH dan seminar nasional SNTEKPAN VIII pada tanggal 26 September 2020. Acara ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan LPPM untuk mendukung penelitian dan pengabdian Dosen. Tema yang dipilih pada tahun ini adalah “Empowering Research and Innovation for Sustainable Technology”. Tema ini dipilih atas dasar kepedulian LPPM ITATS terhadap keberlanjutan teknologi dan pengetahuan.

 

Acara ini diselenggarakan sebagai ajang pertemuan dan dikusi para akademisi dalam mempresentasikan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh para akademisi. Meskupun dilaksanakan secara daring akibat adanya pandemic, antusiasme para akademisi sangat tinggi, terbukti dengan diikuti 72 peserta yang berpartisipasi dalam the 2nd ICATECH dan 86 peserta pada SNTEKPAN VIII. Selain mempresentasikan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan beberapa narasumber terkemuka. Narasumber yang ikut memeriahkan acara the 2nd ICATECH dan SNTEKPAN VIII diantaranya adalah Prof. Dong-Seong Kim, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., Prof. Ming-Jyh Chern dan Ir. Eko Julianto, M.Sc., MRINA.

Acara the 2nd ICATECH dan SNTEKPAN VIII dibagi menjadi 2 sesi, dimana pada sesi pertama para narasumber akan menampilkan hasil penelitian yang dilakukan ataupun penelitian yang sedang trending di negaranya. Melalui forum ini peserta juga dapat berdiskusi dengan narasumber mengenai penelitian maupun kebijakan yang berkaitan dengan kemajuan penelitian.

Antusiasme para peserta peserta sangat tinggi terutama saat Prof. Nizam memaparkan rencana kebijakan yang akan diterapkan dalam kurikulum merdeka belajar terutama pada bidang sustainable technology. Menurut Prof. Nizam tema Sustainable Technology sangat penting disampaikan pada peserta didik untuk membangun kesadaran mahasiswa dalam mengembangkan penggunaan energi alternatif yang ramah lingkungan.

Pada sesi kedua peserta dibagi kedalam beberapa ruang untuk mempresentasikan penelitian yang telah dilakukan. Pada sesi ini para peserta diijinkan untuk berdiskusi dengan para peserta lain untuk mendapatkan inspirasi dan bertukar pendapat dalam pengembangan riset berkelanjutan. Sesi kedua ini berlangsung pada pukul 13.00 – 15.30 WIB. Selain dilakukan secara langsung melalui daring, peserta juga dapat mengikuti acara ini secara tidak langsung melalui akun youtube ITATS. Secara umum acara the 2nd ICATECH dan SNTEKPAN VIII berlangsung dengan baik tanpa kendala apapun. Semoga acara ini dapat dilangsungkan kan Kembali di tahun berikutnya.

Close
Close
× How can I help you?