Berita

Keseruan Mahasiswa Dalam Kegiatan Pemetaan Geologi di Kebumen

Kuliah di Jurusan Teknik Geologi begitu membahagiakan bagi para mahasiswa. Proses belajar mengajar tidaklah melulu dilakukan di dalam ruang kelas atau laboratorium. Diantara kegiatan paling seru dan ditunggu-tunggu mahasiswa adalah kegiatan kuliah lapangan. Pada kesempatan kuliah lapangan, mahasiswa belajar di alam terbuka. Alam yang terbentang luas di penjuru negeri telah menjadi laboratorium dengan hamparan ilmu yang siap dieksplore oleh para mahasiswa.

Tim Kuliah Lapangan Teknik Geologi

 

Selama seminggu, mulai tanggal 17 Januari 2020, lebih dari 25 mahasiswa dengan disertai asisten laboratorium dan sejumlah Dosen, sedang melakukan kegiatan kuliah lapangan, khususnya untuk mata kuliah Pemetaan Geologi. Kegiatan dilaksanakan di kawasan Balai Informasi dan Konservasi Kebumian LIPI, Karangsambung, Kebumen.

Ibu Lena Maretha S. ST, MT, sebagai salah satu dosen yang menyertai mahasiswa dalam kuliah lapangan kali ini menyebutkan, kegiatan ditujukan untuk membuat peta geologi dan peta geomorfologi pada lima wilayah. “Pada kesempatan ini mahasiswa diasah kemampuannya untuk mendeskripsikan satuan batuan, formasi, dan stratigrafi sesuai dengan area yang ditentukan melalui peta yang dibuat”, dengan berseri-seri Bu Lena kembali menjelaskan tujuan dilakukannya pemetaan geologi.

Proses Identifikasi

Pemetaan geologi dilaksanakan di Desa Seling, Desa Langse, Desa Kedungwaru, Desa Plumbon, dan Desa Kaligending. Kelima desa ini memiliki keunikan formasi dan stratigrafi geologi, sehingga makin menggugah semangat mahasiswa untuk belajar. Kegiatan pun makin seru untuk dinikmati, karena sepanjang hari, mahasiswa menelusuri kawasan dengan keindahan alam yang luar biasa. Melakukan observasi, pengukuran, dan interpretasi terhadap apa yang ditemukan dalam penelusuran, untuk kemudian dilanjutkan dengan diskusi hangat, tentu membuat kegiatan ini makin membahagiakan bagi seluruh tim.

Observasi Geologi

Rekan-rekan siswa-siswi atau lulusan SMA/SMK/MA yang senang berkegiatan di alam terbuka, bersegeralah bergabung kuliah di Jurusan Teknik Geologi. Bangsa kita adalah negeri dengan potensi kekayaan alam sangat besar. Sudah saatnya, alam ini dimanfaatkan dengan kearifan ilmu para ahli geologi.

Oleh karena itu, para generasi muda millenial, manfaatkan kesempatan belajar dan menjadi ahli di Jurusan Teknik Geologi. Manfaatkan juga, beasiswa bagi 100 pendaftar pertama yang menjadikan Jurusan Teknik Geologi sebagai pilihan. Selamat datang di kampus ITATS dan selamat menjemput kesuksesan. (red. ulf)

Close
Close