BeritaPengabdian Masyarakat

KKN Jurusan Teknik Industri 2021, Pengabdian untuk Dikenang

Pada tgl 4-6 Juni 2021 kemarin, Jurusan Teknik Industri telah berhasil menyelesaikan pengabdian masyarakat yang berada di Ds.Kedungpeluk, Kec.Candi, Sidoarjo. Desa ini menjadi sasaran pengabdian oleh mahasiswa TI karena lokasinya yang cukup terpencil sejauh 6 km dari desa lainnya. Akses ke lokasi pun cukup sulit yang hanya bisa ditempuh oleh sepeda motor. Namun, meski terpecil para mahasiswa TI penuh semangat dalam melakukan pengabdian dan juga sangat senang karena dimanjakan oleh pemandangan yang indah di sore hari.

Ds.Kedungpeluk ini dikelilingi oleh tambak yang luas sehingga mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai buruh tambak. Listrik masuk ke desa pada akhir tahun 2018, sehingga penerangan jalan masih belum memadai hingga kini. Apabila malam hari, berkendara sejauh 6 km dirasa cukup membahayakan tanpa bantuan penerangan jalan umum (PJU). Oleh karena itu, proker besar KKN 2021 adalah pemasangan PJU sebanyak 7 titik.

Selain pemasangan PJU, KKN th 2021 ini juga memiliki beberapa proker besar lainnya seperti pemasangan kanopi serta peremajaan masjid dengan melakukan pengecatan dan penggantian sound system masjid yang disupport oleh sponsor dari alumni Teknik Industri yaitu Cakra Music Production. Pemasangan plakat makam juga dilakukan di tahun ini guna memberikan identitas pada fasilitas desa.

Efek dari pandemi ini, para remaja di Ds.kedungpeluk harus melakukan sekolah jarak jauh dengan metode daring. Untuk memberikan nuansa yang berbeda, maka mahasiswa TI ITATS memberikan pelatihan menggunakan software Ms.Excel secara luring dengan prokes yang ketat. Pelatihan diberikan kepada karang taruna Ds.Kedungpeluk guna menambah skill dan pengetahuan mereka. Tidak hanya para karang taruna, kelompok PKK pun diberi pelatihan cara melakukan food preparation agar lebih efektif dan efisien setiap kali ibu rumah tangga melakukan aktivitas memasak.

Proker terakhir yang dilakukan pada hari Minggu adalah memberikan bakti sosial berupa sembako sebanyak 54 pack kepada para warga Ds.kedungpeluk. Proker ini dilakukan dengan harapan sedikit meringankan beban pemenuhan kebutuhan mereka dikarenakan pandemi covid-19 yang masih belum terselesaikan hingga kini.

Dengan berakhirnya KKN Teknik Industri th ajaran genap 2020/2021 ini, kami segenap keluarga jurusan teknik industri berharap semoga apa yang telah kami berikan bermanfaat bagi berbagai pihak, khususnya masyarakat Ds.kedungpeluk, Sidoarjo. (chrisna)

Related Articles

× How can I help you?