Pengabdian Masyarakat

KULIAH ITU BIKIN BAHAGIA

kebahagiaan mahasiswa

“Besok lagi ya Bu”, seloroh mahasiswa ini menandakan kegiatan yang sedang dilakukannya bersama dosen sangat dinikmati sehingga menginginkan untuk diulang. Tugas menumpuk, lembur mempersiapkan ujian, seakan mengilustrasikan bertapa kehidupan mahasiswa menjemukan dan mengakibatkan stres. Yang terjadi sebenarnya tidaklah selalu demikian. Hari-hari mahasiswa dipenuhi kebersamaan dengan rekan-rekan terkasih. Sendau gurau mewarnai hari-hari belajar di kelas, di studio, di laboratorium, dan di tempat workshop. Bebas berdiskusi, saling berbagi pengetahuan dilakukan mahasiswa di segala penjuru kampus. Hobi pun tersalurkan dengan baik, mahasiswa dapat bermain, berkesenian, berolah raga dan belajar berorganisasi. Sungguh cara menikmati masa muda dengan positif dan produktif. Bersama-sama beribadah, menabur kasih dan peduli diantara sesama, juga menuansai kehidupan kampus. Jadi, kuliah sungguh menjadikan mahasiswa bahagia.

belajar di mana pun tetap bahagia

Belajar pun tidak selalu dalam suasana formal. Salah satu alternatif metode pembelajaran dapat dilakukan di luar kelas dengan nuansa lebih ceria. Melakukan kunjungan ke industri adalah satu diantaranya. Mahasiswa akan melihat secara langsung bagaimana konsep-konsep yang dipelajari di kelas dapat diterapkan di lapangan. Bagaimana bentuk kepedulian terhadap lingkungan dibangun oleh sebuah perusahaan, sehingga nilai-nilai cinta bumi tidak hanya memberikan manfaat secara bisnis, tetapi juga menjadi acuan berkehidupan bagi seluruh karyawan perusahaan. Itulah yang dijumpai mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan saat melalukan kunjungan industri di PT Campina Ice Cream Industry Surabaya. Kunjungan ini merupakan bagian dari proses belajar mengajar matakuliah Sistem Manajemen Lingkungan yang diampu Ibu Dr. Yulfiah, ST, MSi.

selalu bersama-sama sungguh menjadikan mahasiswa bahagia

Menjadi mahasiswa adalah masa emas untuk menempah diri sehingga siap menerima tongkat estafet peradapan. Mahasiswa adalah pemimpin masa kini dan masa depan. Oleh karena itu, kehidupan kampus harus menjadi wahana bagi mahasiswa sehingga mampu menemukan potensi diri dan bersiap menjadi pribadi unggul. Suasana belajar penuh inspirasi harus terus diciptakan. Critical thinking, creativity, collaboration, dan communication secara masif perlu dikembangkan di lingkungan kampus, khususnya dalam mengahadapi revolusi industri generasi 4.0. Kepada para alumni dan siswa siswi SMA/SMK/MA kelas XII yang sebentar lagi lulus, silahkan bergabung kuliah di ITATS. Hiasi masa muda dengan kebahagian menempuh kuliah dan songsong kesuksesan setelahnya (Red, ULF).

bahagia lahirkan critical thinking, creativity, collaboration, dan communication kuat bagi mahasiswa
Close
Close