Akademik

Kuliah Lapangan Teknik Lingkungan Selalu Bikin Happy

“Dalam proses perkuliahan, mahasiswa tidak hanya dilatih agar pintar menjawab soal ujian di atas kertas. Mahasiswa butuh dibiasakan juga untuk piawai dalam menemukan solusi atas permasalahan riil di lapangan”, demikian disampaikan Ibu Dr. Yulfiah, ST, MSi, selaku Dosen pengampu matakuliah Hidrologi, Jurusan Teknik Lingkungan. Oleh karena itu, dalam pembelajaran kuliah, Ibu Yulfiah senantiasa menyempatkan diri untuk dapat membawa mahasiswanya berkesempatan belajar di luar kelas dalam bentuk kuliah lapangan. Melalui kegiatan kuliah lapangan, mahasiswa dirangsang untuk menemukan solusi praktis berdasarkan permasalahan riil yang dijumpai. Melalui kuliah lapangan, mahasiswa juga dapat mengamati secara langsung fenomena alam yang demikian menakjubkan sebagai tanda kebesaran Tuhan.

mahasiswa melakukan pengukuran sungai untuk mengetahui debit dan kualitas air

Pada Sabtu, 23 Juni 2018 lalu, telah dilaksanakan kuliah lapangan matakuliah Hidrologi di kawasan konservasi Kali Surabaya bagian hulu di Wringinanom, Gresik. Mahasiswa belajar tentang ekosistem sungai secara langsung di kawasan sungai yang relatif masih asri. Seperti pada pelaksanaan kuliah lapangan sebelumnya, mahasiswa selalu dapat menikmati suasana belajar berbeda. Penuh kebersamaan dan keceriaan selama belajar dan berada di alam terbuka, menyebabkan mahasiswa sangat berbahagia.

mahasiswa demikian antuasias dan bahagia dalam menikmati kuliah lapangan
suasana proses kuliah lapangan

Kebahagiaan mahasiswa selama menyelesaikan studinya tentu saja akan membawa dampak positif bagi prestasi belajar mahasiswa. Oleh karena itu, bagi rekan-rekan lulusan SMA/SMK/MA silahkan bergabung dengan Jurusan Teknik Lingkungan agar bisa menikmati kebahagiaan studi seperti yang tergambar dalam kegiatan kuliah lapangan. Selain itu, Jurusan Teknik Lingkungan juga menyediakan beasiswa bagi 100 pendaftar pertama berupa pembebasan Dana Pembangunan. Informasi lebih lanjut tentang hal ini dapat diperoleh dengan menghubungi Ibu Ayu Nindyapuspa, ST, MT di WA 0811 3417 945. Selamat datang dan selamat bergabung studi di Jurusan Teknik Lingkungan (red, ULF).

pintar dan bahagia, itulah mahasiswa ITATS
Close
Close