Pengabdian Masyarakat

Lagi, Tim Dosen ITATS Berpacu dalam Meningkatkan Kualitas Produksi UKM Sepatu di Surabaya

Dengan berbekal pengalaman yang cukup luar biasa, Bapak Suparjo, S.T., M.T. bersama tim yang tergabung dalam program hibah pengabdian kepada masyarakat dengan judul PKM Sepatu di Kapasbaru Tambaksari Surabaya, dapat menggandeng sebuah mitra usaha sepatu UD Makmur Abadi yang dimiliki oleh Bapak Muhammad Shodiq.  Mitra usaha ini berlokasi di Jalan Kapas Baru IX No. 66, Kelurahan Kapas Madya Baru, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya.

Bapak suparjo memilih UD Makmur karena kurangnya tenaga kerja profesional yang difungsikan dalam membantu proses produksi. Selain itu, pemasaran produknya pun hanya mengandalkan pesanan dari distributor.

Untuk itu, pengembangan perlu dilakukan. Melalui hibah yang diberikan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, langkah demi langkah telah dilalui untuk memajukan UKM tersebut. Beliau telah memberikan bantuan berupa penambahan fasilitas produksi seperti mesin seset, mesin jahit, klebut, serta dibantu pula dalam mengembangkan pemasarannya.

Cara memasarkannya pun sudah berbeda dari sebelumnya. Bapak Suparjo memanfaatkan kemajuan teknologi yaitu dengan memasarkan produk sepatu ke internet. Dengan begitu, sistem marketing atau penjualannya lebih mudah dan teratur.

Selain menggandeng UKM, Bapak Suparjo ini juga dikenal sangat peduli terhadap anak-anak muda. Oleh karena itu, beliau pun berpikir untuk memberikan pelatihan kewirausahaan agar anak-anak muda tersebut memiliki pemikiran yang kreatif. Dan, alangkah tak disangkanya, anak-anak tersebut sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh beliau. Bahkan, jika dilihat dari jumlah pesertanya, dapat dikatakan telah melebihi kuota yang telah direncanakan sebelumnya. Memang, beliau ini adalah sosok yang sangat disegani, terutama di kalangan muda karena kepeduliannya tersebut.
Tags
Close
Close