Prestasi

Mahasiswa ITATS Raih Piala Menteri Perindustrian Republik Indonesia

 

Nokiananta Fairuz sinatriya Mahasiswa Jurusan Desain Produk 2019

Salah satu mahasiswa jurusan Desain Produk ITATS, mengikuti perlombaan Powerace Digimodz, yakni sebuah kompetisi modifikasi digital motor listrik roda tiga Powerace menjadi kendaraan komersil yang berguna bagi UMKM dan program kompetisi ini sudah dibuka ssecara resmi oleh Direktur Kemenperin RI, ILMATE Sony Sulaksono.

Mahasiswa Angkatan 2019 yang akrab disapa Noki ini, sebelumnya telah mengirimkan 2 karya terbaiknya kepada Powerace Digimodz, yakni, Powerace UMKM Tambal Ban dan PowerAce UMKM Ayo Pakai Masker.

Konsep Powerace UMKM Tambal Ban yang berhasil meraih Juara 1 di kompetisi Kemenperin Powerace Digimodz ini terinspirasi dari UMKM Tambal Ban yang biasa di pinggir-pinggir jalan. Mereka biasa menggunakan gerobak atau becak untuk mengangkut peralatan seperti tabung kompresor, generator, pompa angin, dan lain-lain. Dengan memanfaatkan bagian kargo belakang dari powerace dapat membawa tabung kompressor berukuran sedang beserta pompa angin, pembakar spirtus, bak air, dan peralatan lainnya.

Konsep dari body powerace tambal ban yaitu menggunakan desain utility serta dipadukan dengan desain futuristik dan lebih mengkotak yang bisa dilihat di bagian lampu depan, kaca, spion, kargo belakang, dan lampu belakang. Ini bertujuan untuk mencocokkan kegunaan powerace yang utilitarian sebagai tambal ban keliling.

Perpaduan warna pada konsep powerace tambal ban menggunakan 3 warna yaitu warna abu-abu cerah, abu-abu gelap, dan oranye. Warna abu-abu cerah dan gelap bertujuan untuk mencocokkan desain yang utilitarian pada body. Sedangkan warna oranye pada bagian samping terinspirasi dari warna tabung kompresor tambal ban yang biasa di pinggir jalan, sehingga para kostumer akan mengenali warna tersebut sebagai tambal ban.

Pada bagian bemper belakang terdapat deflektor yang berfungsi sebagai pengaman ketika di malam hari. Pada bagian kabin dilengkapi tempat duduk keselamatan. Pada bagian pintu kargo dilengkapi dengan lampu led untuk penerangan. Dan pada bagian ban belakang menggunakan ban all terain berukuran r13 dan rear fender untuk menutupinya, dan ban depan menggunakan ban depan, hard compound, ukuran r13 dan dilengkapi dengan advance wheel cover yang bertujuan untuk melindungi ban depan. (Sc. Instagram fairuzsinatriya23)

Pada kompetisi modifikasi digital motor listrik tahun 2021 ini, Direktur Kemenperin RI ILMATE Sony Sulaksono, mengatakan 2 karya terbaik akan diwujudkan di skala 1:1 di Indonesia Modification Expo, termasuk salah satunya mahakarya desain oleh mahasiswa Desain Produk ITATS. *(Red, Syd)

 

Related Articles

× How can I help you?