AkademikPrestasi

Mahasiswa Teknik Informatika ITATS Berhasil Ciptakan Aplikasi Pembelajaran Untuk Anak Tunagrahita

Emir Aryanta, mahasiswa prodi Teknik Informatika angkatan 2018 yang di bimbing oleh bapak Andy Rachman, S.T.,M.Kom berhasil membuat aplikasi pembelajaran bagi anak-anak tunagrahita.

“Book of Things” merupakan sebuah aplikasi berbasis Augmented Reality yang dibuat bagi anak-anak tunagrahita ringan sebagai sarana untuk mengenalkan benda yang terdapat di sekitar mereka. Dalam proses pengerjaan aplikasi tersebut, Emir memanfaatkan Unity engine yang merupakan¬†game engine lintas platform yang digunakan oleh banyak game di Google Play Store sebagai engine utama yang digunakan. Kemudian, untuk penyimpanan marker menggunakan vuforia.

 

Aplikasi dibuat semudah mungkin bagi anak-anak. Pengguna mengunduh buku atau marker pada tombol yang sudah di sediakan di dalam aplikasi. Selanjutnya, pengguna hanya perlu mengikuti perintah yang ada pada aplikasi tersebut.

Dalam pengerjaan aplikasi tersebut tentu saja terdapat beberapa kendala yang dialami oleh Emir. Beberapa kendala seperti gambar untuk marker, 3d model, dll. Namun, hal tersebut tidak mematahkan semangat Emir untuk menyelesaikan aplikasi “Book of Thing” yang juga merupakan project tugas akhir nya.

Hingga dalam kurun waktu dua setengah bulan aplikasi tersebut berhasil di rilis oleh Emir. Emir berharap dengan adanya “Book of Things” dapat membantu dalam pembelajaran untuk anak tunagrahita maupun yang tidak, dan memotivasi anak untuk belajar.

Related Articles

× Butuh Bantuan? Klik Disini