Pengabdian Masyarakat

Mengenal Lebih Jauh Profesi Arsitek Melalui Webinar “Be a Professional & Goes to International”

Pada 18 Juni 2021 kemarin, Jurusan Arsitektur mengadakan Webinar dan Workshop berjudul “Be Professional and Goes International Architect” Serta Pengenalan Software Enscape. Acara ini merupakan rangkaian acara Seminar online ke 2 yang dilakukan oleh Jurusan Arsitektur ITATS bersama HMJ Arsitektur ITATS sebelumnya. Webinar dan Workshop “Be Professional and Goes International Architect” Serta Pengenalan Software Enscape ini mengundang Bapak Yuli Kalson Sagala ST, IAI, AA selaku Ketua IAI (Ikatan Arsitektur Indonesai) Wil Jawa Timur dan juga Founder KSAD Studio. Serta mengundang Alumnus Jurusan Arsitektur yang pernah mengikuti pertukaran pelajar ke Jiangsu Institute of Commerce Tiongkok, Dindayu Fatmawati S.Ars yang juga pernah menyandang gelar Yuk Sidoarjo 2017 dan sekarang menjadi Profesional Model.

 

Acara ini menyasar mahasiswa arsitektur, dan juga siswa-siswi SMA/SMK yang masi belum memiliki pandangan kedepan mengenai Jurusan Arsitektur. Pak Kalson selaku pembicara utama memberikan gambaran seorang arsitek untuk meniti karir dan memberikan arahan mengenai karir yang akan ditekuni ketika lulus dari Jurusan Arsitektur. Skill desain yang dimiliki akan semakin lengkap jika seorang mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi dan koneksi yang baik di luar dunia kampus. Tema komunikasi dan bagaimana suatu kepercayaan diri dapat dibentuk dibawakan oleh Dindayu selaku pembicara kedua yang juga pernah menyandang gelar Duta Kampus ITATS.

Diharapkan dari acara Webinar yang telah berlangsung, maka Jurusan Arsitektur ITATS dapat lebih dikenal oleh masyarkat luas, dan mahasiswa yang telah berkecimpung di Jurusan Arsitektur memiliki pandangan yang lebih luas ketika lulus dari kampus. Seorang mahasiswa harus memiliki skill bukan hanya dibidang desain, tapi melatih komunikasi dan juga memiliki hubungan yang lebih luas, terutama dengan orang – orang diluar bidang arsitektural.

Selain Webinar, acara ini juga mengenalkan mengenai software rendering bernama Enscape. Sebenarnya software ini sudah muncul sekitar 2 tahun lalu, namun belum terlalu menonjolkan kelebihan dengan software yang telah ada seperti Lumion atau Vray SketchUp. Namun seiring dengan perkembangannya, software ini ternyata lebih mudah digunakan dengan standar hardware medium dan dengan hasil yang cukup baik. Sehingga software ini bisa menjadi alternatif rendering bagi mahasiswa jurusan arsitektur.

Dengan berakhirnya acara Webinar dan Workshop ini, diagendakan acara lanjutan berupa pelatihan Khusus Software Enscape oleh HMJ Jurusan Arsitektur ITATS dan juga Webinar lanjutan yang akan mengundang arsitek ternama lainnya.

Related Articles

× How can I help you?