Prestasi

Pamer Karya Jurusan Desain Produk

Mengawali tahun 2019, Jurusan Desain Produk (Despro ITATS) kembali menggelar pameran karya mahasiswa, dosen, dan alumnus. Pamer karya bertajuk “Despro Kreatif” ini merupakan kali ke-11 digelar pada sebuah mall ternama di Surabaya. “Good Look merupakan tema acara Despro Kreatif 11. Tema dipilih dengan harapan melalui karya yang look good, kita akan mendapatkan feel good”, demikian disampaikan Bapak Faza Wahmuda, ST, MT. Beliau adalah Ketua Jurusan (Kajur) Despro, yang juga merupakan alumnus Despro ITATS. Pameran dilaksanakan pada Jum’at dan Sabtu, 4-5 Januari 2019.

Bapak Faza Wahmuda, ST, MT (Kajur Despro)

“Dalam pameran kali ini, kami juga menyajikan karya UKM yang menjadi binaan Jurusan Despro”, Kajur yang hobi photography ini pun menambahkan. Sebuah UKM di kawasan Ketanen, Gresik, yang memproduksi handicraft melalui pemanfaatan limbah tongkol Jagung. Cikal bakal terciptanya handicraft yang diproduksi oleh alumnus Despro dengan melibatkan masyarakat Ketanen ini, merupakan hasil riset Bapak Faza sendiri pada saat menyelesaikan studi Program S2 di Magister Teknik Lingkungan ITATS.

karya dengan memanfaatkan limbah kayu
Salah satu karya produk fashion yang ditampilkan

Acara Despro Kreatif secara rutin dilaksanakan pada setiap akhir semester. Karya yang dipamerkan diantaranya merupakan karya tugas akhir, karya beberapa matakuliah berbasis studio desain, karya eksperimen, dan portopolio produk. Melalui pameran, mahasiswa akan mendapatkan apresiasi atas karya yang ditampilkan. Mahasiswa pun akan belajar mempresentasikan dan mempublikasikan karya terbaiknya melalui acara Despro Kreatif.

Terselenggaranya acara ini mendapatkan dukungan dari sejumlah mitra industri kreatif. Dengan demikian, ajang Despro Kreatif juga merupakan cara mendekatkan Jurusan Despro dengan masyarakat pengguna. Pada kesempatan pameran, sejumlah mahasiswa menampilkan kreasi seni berupa tari, lagu, dan musik. Talkshow dengan menghadirkan sejumlah pakar desain, juga menjadi sajian menarik dalam acara Despro Kreatif.

“Selalu ada rasa bangga saat menyaksikan karya kreatif dan inovatif dari mahasiswa dan dosen Jurusan Despro”, demikian disampaikan Ibu Dr Yulfiah, ST, MSi, selaku Wakil Rektor I, saat membuka acara pameran. Ibu Yulfiah juga berujar “Masyarakat secara langsung dapat menyaksikan kualitas pembelajaran di Jurusan Despro melalui karya yang ditampilkan dalam pameran ini. Oleh karena itu, alumnus atau siswa-siswi SMA/SMK/MA kelas XII yang sebentar lagi akan lulus, tidak perlu ragu untuk segera bergabung kuliah di Jurusan Despro ITATS. Terlebih lagi, telah disediakan beasiswa senilai delapan juta rupiah, yang akan dibayarkan langsung pada saat mendaftar sebagai mahasiswa baru melalui pembebasan Dana Pengembangan Pendidikan”, demikian Ibu Yulfiah menyampaikan ajakannya. Salam Kreatif untuk Jurusan Desain Produk. Teruslah kreatif dan inovatif. (red. ulf)

Close
Close