Pengabdian Masyarakat

PEMBELAJARAN LINGKUNGAN BERBASIS HAPPY… HAPPY…

Standar Nasional Pendidikan Tinggi Tahun 2020 mengamanahkan sembilan karakteristik pembelajaran. Proses belajar mengajar, untuk mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan, dipersyaratkan memenuhi komponen interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa. Amanah ini tentu saja harus diimplementasikan pada proses belajar mengajar di kampus ITATS.

Delapan komponen pembelajaran tersebut sangat relevan saat diterapkan pada kegiatan kuliah lapangan. Interaksi antara mahasiswa, dosen, dan sumber belajar, dalam hal ini lokasi tempat dilakukannya kuliah lapangan, dengan mudah dapat terlaksana. Melalui kegiatan kuliah lapangan, mahasiswa mampu belajar secara holistik, integratif, kontekstual, tematik, kolaboratif, dan berpusat pada dirinya. Demikian disampaikan Ibu Dr. Yulfiah, ST, MSi, sebagai penggagas kegiatan kuliah lapangan, pada mata kuliah Infrastruktur dan Sanitasi Lingkungan yang diampunya.

Lebih dari 30 mahasiswa Program Magister Teknik Lingkungan (MTL), peserta mata kuliah, dengan penuh antusias mengikuti kegiatan belajar di luar kampus. Secara saintifik dan efektif, mahasiswa belajar studi kasus tentang pengelolaan infrastruktur sanitasi yang ada di Kampung Glintung Go Green dan TPST3R Mulyoagung di Malang. Pada kuliah lapangan kali ini, mahasiswa belajar tentang strategi dan manajemen membangun kampung, best practice Glintung Go Green, metode pengolahan sampah, serta strategi dan manajemen TPST3R (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu, Reuse, Reduce, Recycle. Suasana belajar di alam terbuka, tentu saja memotivasi dan menginspirasi para peserta kuliah lapangan untuk lebih mampu berkontribusi bagi kelestarian lingkungan. Happy… dan happy… itulah nuansa yang dirasakan mahasiswa dan dosen MTL di saat pelaksanaan kuliah lapangan.

Agar dapat ikut merasakan suasana belajar yang membahagiakan, Dr. Mochamad Junaidi Hidayat, ST, M.Ds, selaku Ketua Program Magister Teknik Lingkungan (MTL), mengundang rekan-rekan alumni program sarjana, para profesional dan praktisi, serta penggiat lingkungan, untuk mendaftar sebagai mahasiswa MTL – ITATS. Sebagai kampus dengan metode pembelajaran berkualitas, tentu saja MTL – ITATS siap memfasilitasi para pembelajar di seluruh negeri untuk meningkatkan kompetensi diri. Kompetensi yang dibutuhkan agar lebih mampu bersaing dengan masyarakat global yang saat ini telah hampir tidak mengenal batas. Selamat bergabung kuliah di Magister Teknik Lingkungan ITATS, program S2 dengan predikat Baik Sekali (Red, ULF).

Related Articles

This will close in 5 seconds

× Butuh Bantuan? Klik Disini