Featured

UKM Sepatu Kulit Desa Seruni Kabupaten Sidoarjo Maju Bersama ITATS

Keberhasilan dosen ITATS dalam meningkatkan pemasaran produk UKM Gago sepatu kulit dari Desa Seruni Kabupaten Sidoaro patut diacungi jempol. Dengan program dari DIKTI pengabdian kepada masyarakat skema PKM (Program Kemitraan Masyarakat), 3 dosen ITATS yang diketuai oleh Ibu Christin Mardiana,ST.,MSn dan 2 anggota dosen lainnya yaitu Ibu Ningroom Adiani,ST.,M.Sn dan Ibu Ir. Dewi Pertiwi,MT mampu meningkatkan pemasaran produk UKM Gago sepatu kulit dari Desa Seruni Kabupaten Sidoarjo. Melalui pembuatan marketing tool yang meliputi katalog produk, brosur pameran, kartu nama, desain kemasan sepatu yang baru dan marketing online sebagai alat bantu pemasaran, UKM Gago tidak perlu lagi membawa barang secara konvensional untuk menawarkan dan memasarkan produknya ke luar kota.

Gambar 1. Proses pelatihan pemasaran dan pengenalan instagram ke UKM

Pemasaran melalui online dilakukan dengan cara melalui media sosial instagram, hal ini merupakan alternatif pemasaran online selain melalui website. Karena keterbatasan SDM dari UKM Gago yaitu UKM ini tidak memiliki SDM yang mampu mengoperasikan komputer, sementara UKM Gago bisa mengoperasikan handphone dengan familiar. Dari handphone UKM bisa melakukan transaksi penjualan secara online di instagram tanpa ada pengeluaran tambahan lagi tetap sehingga pesanan bisa terus berjalan. Selain itu, UKM juga diajak untuk melakukan pameran produk di Royal Plaza Surabaya sebagai salah satu sarana untuk memperluas pemasaran produk UKM Gago. Sambutan masyarakat cukup bagus untuk produk UKM Gago, terbukti UKM mendapatkan pesanan sekitar 50 pasang sepatu pada saat di pameran.

Gambar 2. Stan pameran dan pemilik UKM Gago Bapak Agus

UKM Gago sangat terbantu dan berterima kasih dengan adanya marketing tool dan marketing online yang diinisiasi oleh dosen-dosen ITATS serta dibantu beberapa mahasiswa untuk pendampingan dan pelatihan selama 10 bulan ini.

Semoga bermanfaat dan membawa berkah bagi UKM Gago untuk terus maju.

Close
Close