ITATS Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Berita Terkait

Mahasiswa Teknik Pertambangan ITATS Raih Best Presenter dan Top Five
Kuliah Tamu Prodi Teknik Pertambangan ITATS : Prospek Masa Depan Pertambangan Nasional di Era Transisi energi
Lima Mahasiswa Teknik Sipil ITATS Berangkat Ke Taiwan untuk Menyelesaikan Program Double Degree dan Magang Industri
Mahasiswa Sistem Informasi ITATS Raih Juara 1 dalam Perlombaan Software Development di PEKAN IT 2024
Mahasiswa Teknik Sipil ITATS Kembali Raih Juara di Tingkat Internasional

Adventure The Kingdom Of Majapahit, Game Sejarah Karya Mahasiswa Teknik Informatika ITATS

Sekali lagi mahasiswa Teknik Informatika bimbingan bapak Andy Rachman, S.T.,M.Kom berhasil membuat sebuah sebuah game edukasi bertemakan sejarah.

Muchammad Aziz Choiri yang merupakan mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2017 mengatakan bahwa sejarah yang di ambil untuk game edukasi milik nya yaitu tentang sejarah kerajaan Majapahit. Game yang ia buat dapat dimainkan pada perangkat Android dan PC. Dalam proses pengerjaannya hal pertama yang dilakukan oleh Aziz adalah menentukan target atau objek penelitian yang akan memainkan permainan tersebut. Aziz melakukan diskusi dengan pak Andy selaku dosen pembimbing nya untuk menentukan target nya, akhirnya diputuskan target atau objek penelitian yang akan memainkan adalah siswa kelas 10.

Kemudian proses selanjutnya yaitu melakukan survei dan wawancara kepada siswa kelas 10 yang  dilakukan di SMKN 10 Surabaya. Survei dan wawancara tersebut dilakukan untuk mengetahui apa saja yang ia butuhkan dalam pembuatan game edukasi sejarah kerajaan Majapahit. Tahap pengerjaan selanjutnya adalah pembuatan desain. Desain di sini memiliki beberapa kategori, yaitu desain map, desain button, desain karakter, dan masih banyak lagi, dan yang terakhir adalah pembuatan game itu sendiri dengan menggunakan game engine Construct

Proses tersebut ia ulangi sebanyak tiga kali, karena Aziz menggunakan model penelitian Incremental. Dalam pengulangan tesebut, terdapat banyak sekali perubahan dan penambahan dari segi desain dan gameplay permainan. Setelah melewati tiga kali perulangan, akhirnya jadi lah sebuah game edukasi yang ia beri nama “Adventure The Kingdom Of Majapahit” dengan total 33 stage.

Adventure The Kingdom of Majapahit ia selesaikan selama ± 1 tahun. Menurut Aziz, proses desain merupakan proses yang paling lama pengerjaannya, maka dari itu ia berinisiatif untuk membuat desain dengan cara re-draw dan menggunakan beberapa free asset UI agar cepat selesai.

Kedepannya Aziz mengatakan akan melakukan beberapa pengembangan dalam game yang ia buat. Karena masih terdapat beberapa bug yang di temui oleh player.dan juga terdapat jalan cerita atau tragedi atau kejadian dalam sejarah kerajaan Majapahit yang kurang lengkap. Dengan dibuat nya Adventure The Kingdom of Majapahit,

Aziz berharap game ini dapat dimainkan seluruh anak di Indonesia dari berbagai usia dan materi edukasi yang ada di dalam game dapat dipahami dengan baik oleh player yang memainkan game tersebut.