Berita

Menikmati Pembelajaran di Luar Kelas: Kuliah Lapangan Teknik Sipil ITATS di Proyek BPJN Jawa Timur Bali

Pembelajaran menyenangkan dan menghindarkan dari kejenuhan belajar di kelas, salah satunya dilakukan melalui kegiatan belajar di luar kelas. Penganekaragaman metode pembelajaran tentu menjadikan materi kuliah menjadi makin kaya dan menarik. Ibu Mila Kusuma Wardani ST, MT, dosen pengampu matakuliah Metode Perbaikan Tanah, Program Studi Teknik Sipil ITATS, menyadari betul akan hal ini. Mahasiswa semester delapan, peserta mata kuliah ini, tentu saja menyambut antusias saat Bu Mila menyampaikan agenda kegiatan kuliah lapangan di Lamogan.

Paket Pembangunan Jalan Lingkar Utama Lamongan Utara Seksi I adalah tujuan kegiatan kuliah lapangan yang digagas oleh dosen dengan penampilan ceria ini. “Proyek yang kami kunjungi merupakan tanggung jawab Balai Pelaksanan Jalan Nasional (BPJN) Jawa Timur Bali”, demikian ditambahkan oleh Ibu Arintha Indah D.S., ST, MSc, selaku dosen pendamping yang menyertai kegiatan Bu Mila di lapangan. “Tujuan perjalanan kami dengan mahasiswa adalah untuk menyaksikan penerapan teknik perbaikan tanah lunak dalam pembangunan jalan tol”, Bu Mila kembali menjelaskan maksud dilakukannya kuliah lapangan yang diikuti 45 mahasiswa ini.

Arief Maulana Fakhruddin, salah satu mahasiswa peserta kuliah lapangan menyampaikan, “Teknik perbaikan tanah yang digunakan pada proyek jalan tol ini adalah timbunan dan prefabricated vertical drain. Dengan mencermati proses penerapan metode perbaikan tanah ini, saya menjadi makin memahami teknik pelaksanaan serta monitoring perbaikan tanah lunak” Terik matahari di lokasi kegiatan tidak menyurutkan semangat para mahasiswa untuk belajar. Kebahagiaan dan kebersamaan selama perjalanan dengan menggunakan dua bus ini, sungguh dapat dinikmati para mahasiswa.

Bagi rekan-rekan lulusan SMA, SMK, serta MA yang belum berkesempatan lolos SNBT, jangan putus asa. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bukan satu-satunya jalan meraih kesuksesan. ITATS, khususnya Program Studi Teknik Sipil, dengan metode pembelajaran berkualitas, siap memfasilitasi para generasi penerus bangga mewujudkan cita-cita dan impian. Semoga rekan-rekan dapat ikut menikmati seperti apa yang dirasakan para mahasiswa Teknik Sipil, selalu semangat dan antusias belajar, mengasah diri agar siap meraih kesuksesan di masa depan. Selamat datang di kampus ITATS, selamat bergabung di Program Studi Teknik Sipil. (red. ULF)

Related Articles

× Butuh Bantuan? Klik Disini