Berita

Training The Future of Cloud in Digital Transformation bersama Alibaba Cloud

The Future of Cloud in Digital Transformation merupakan tema yang diangkat oleh Alibaba kali ini dalam training yang diadakan di Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya pada Kamis, 6 Oktober 2022. Training tersebut disambut antusias oleh mahasiswa, terbukti dengan diikuti oleh hampir 150 mahasiswa program studi Teknik Informatika dari berbagai angkatan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Rektor ITATS, Bapak Syamsuri, S.T., M.T., Ph.D dan Dekan Fakultas Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Bapak Ir. Dr. Hari Agus Sujono, M.Sc,.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan do’a oleh Bapak Kalamollah, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Rektor. Dalam sambutan pembukaannya Bapak Rektor mengatakan pentingnya peran Cloud dalam pengembangan teknologi di masa mendatang.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Matthew Taruno, beliau menyampaikan tiga poin penting dalam presentasinya yaitu mengenai VM (Virtual Machine), Traffic, dan Storage dalam sebuah cloud. Tidak hanya itu saja, Matthew juga menjelaskan berbagai Product Portofolio, Product Highlighter, dan Console yang dimiliki oleh Alibaba Cloud. Di tengah sesi pemaparan mahasiswa diberikan kuiz dari materi-materi sebelumnya. Mahasiswa mengerjakan kuiz dengan sangat semangat, enam mahasiswa dengan nilai kuiz tertinggi mendapat merchandise dari Alibaba.

Seperti yang kita semua tau Alibaba merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi dan situs web niaga elektronik Business to Business (B2B) terbesar di dunia. Alibaba menawarkan produsen, pemasok, eksportir, importir, pembeli, grosir, dan lain-lain. Salah satu anak perusahaan milik Alibaba yaitu Alibaba Cloud,  juga disebut sebagai Aliyun, adalah sebuah perusahaan komputasi awan, sebuah subsidier dari Alibaba Group.

Alibaba Cloud menyediakan layanan-layanan komputasi awan untuk bisnis-bisnis daring dan ekosistem perdagangan elektronik Alibaba sendiri. Operasi internasionalnya terdaftar dan bermarkas besar di Singapura.

Sebelum memasuki akhir acara, mahasiswa menyampaikan beberapa pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan sebelumnya. Di akhir acara ditutup dengan foto bersama pemateri Alibaba, para dosen, dan seluruh mahasiswa Teknik Informatika Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Diharapkan dengan adanya training ini dapat memicu semangat para mahasiswa dalam mempelajari setiap perkembangan yang ada di bidang teknologi.

Related Articles

× Butuh Bantuan? Klik Disini