• (031) 5997244

15 Feb

  • By admin
  • In Agenda
  • Comments Off

Industrialisasi terkadang berkonotasi negatif dalam pemaknaan pelestarian lingkungan. Kegiatan industri seringkali diasosiasikan dengan keberadaan pencemaran, eksploitasi sumberdaya alam, dan sebagainya. Pada kesempatan kunjungan lapangan di Eco Shrimp pada sebuah perusahaan eksportir udang di Sidoarjo, mahasiswa Magister Teknik Lingkungan (MTL) menemukan kondisi berbeda. Tampak udang dikelola dengan konsep ramah lingkungan. Masyarakat diinisiasi oleh perusahaan untuk tidak merusak lingkungan dalam pengelolaan tambak udangnya, sehingga kegiatan ekonomi dapat dilakukan secara berkelanjutan. Proses pengolahan udang yang dilakukan perusahaan pun dilaksanakan dengan memperhatikan kaidah-kaidah ramah lingkungan.

Kegiatan belajar mengajar di MTL sengaja dirancang tidak hanya dilakukan di dalam kelas. Melalui kunjungan langsung di lapangan, mahasiswa akan terbiasa untuk belajar dari beragam sumber belajar, termasuk kepada petani tambak atau pelaku industri. Pengkayaan materi ilmu akan mudah dicapai melalui kegiatan demikian. Rasa kebersamaan diantara sesama mahasiswa atau diantara mahasiswa dengan dosen pun akan didapatkan melalui kegiatan kunjungan lapangan.
Pribadi-pribadi brilyan dengan kekayaan inovasi-inovasi praktis dan berkelanjutan adalah target pendidikan di program MTL. Itu sebabnya bentuk-bentuk pembelajaran dibuat dengan beragam variasi, agar minat peserta didik dapat terwadahi. Selamat bergabung bersama kami di program Magister Teknik Lingkungan dan bersiaplah menjadi pribadi brilyan yang sangat dibutuhkan bangsa ini, khususnya pada pembangungan lingkungan hidup.